banner 468x60

Cegah Covid 19, RSU Meloy Dirikan Tenda Temporary Clinic

 News
banner 468x60

Rumah Sakit Umum (RSU) Meloy di Sangatta, Kabupaten Kutai Timur punya cara sendiri dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

Yakni, dengan mendirikan Tenda Temporary Clinic Meloy, di area parkir depan rumah sakit tersebut. Tenda ini, dimaksudkan untuk screening seluruh pasien maupun pengunjung di rumah sakit tersebut.

Jadi sebelum masuk ke area utama rumah sakit, seluruh pengunjung, harus melalui pemeriksaan di tenda tersebut. Meliputi pemeriksaan riwayat perjalanan dan kondisi kesehatan tubuh oleh dokter umum.

Kalau ada gejala mengarah ke covid-19, akan dilakukan rapid test dan ditangani sesuai penanganan Covid-19. Kalau tidak, dipersilakan melanjutkan berobat ke poliklinik di area rumah sakit.

“Screening, untuk memastikan semua pengunjung yang masuk rumah sakit telah melalui pemeriksaan dan secara medis tidak ada yang terindikasi infeksi Covid 19. Hal ini demi keamanan dan kenyamanan semua pengunjung,” kata Direktur RSU Meloy, dr Johan Tonglo saat menggelar jumpa awak media, Rabu (6/5/2020).

Diakui Johan, sebelumnya RSU Maloy sempat ramai dalam pemberitaan pasca salah satu dokter kandungan yang praktik di rumah sakit tersebut, reaktif terhadap pemeriksaan rapid, 24 April lalu, dan saat ini tengah menunggu hasil tes swab.

Setelah ditelusuri, ternyata yang bersangkutan pernah melakukan perjalanan ke Jakarta, pada 17-19 Maret 2020 lalu. “Tapi, kalau merunut tanggal perjalanan, masa inkubasi telah lewat. Kebetulan tidak ada gejala sama sekali. Hanya saja ketika dilakukan rapid test pada para dokter spesialis, hasilnya reaktif,” ujar Johan.

Setelah itu, RSU Meloy langsung menghentikan sementara praktik dokter kandungan tersebut dan memintanya melakukan isolasi mandiri, sambil menunggu hasil swab.

Dilanjutkan melakukan desinfeksi pada seluruh area rumah sakit secara rutin dan menginstruksikan pada karyawan yang pernah kontak dengan dokter tersebut, melakukan isolasi mandiri, pemeriksaan laboratorium dan rontgen thorax.

“Hasilnya tidak terindikasi Covid-19. Kami juga melakukan rapid test pada 54 karyawan, termasuk tenaga medis kami. Hasilnya pun non reaktif,” kata Johan.

Sehingga sampai hari ini, RSU Meloy masih buka untuk melayani kesehatan masyarakat. Hanya saja, pengunjung wajib melalui tenda Temporary Clinic untuk screening awal.

https://kaltim.tribunnews.com/2020/05/06/cegah-covid-19-rsu-meloy-dirikan-tenda-temporary-clinic

banner 468x60

Author: 

Related Posts

Leave a Reply